Glosarium
A
Accomodation
Tempat yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, baik
yang dikelola secara profesional maupun non profesional. Jenis akomodasi ini
sangat banyak beragam dan jumlahnya. Pengkalsifikasiannya dibedakan menurut
letak, jenis tamu yang menginap, lama tinggal lama buka, ukuran dan jumlah
kamar, fasilitas yang tersedia, komponen harga kamar yang ditawarkan, harga
kamar, bentuk bangunan dan lain sebagainya.
Amendment
Reservation
Berasal dari kata to amend yang berarti mengubah. Jadi
amendment reservation adalah perubahan pemesanan kamar yang dilakukan oleh
pemesan. Perubahan tersebut mencakup salah satu data, misalnya, perubahan
mengenai tanggal kedatangan, tanggal keberangkatan, jenis kamar, lama tinggal
dan lain sebagainya.
Arrival
Kedatangan tamu, yaitu; tanggal tiba tamu untuk menginap di hotel. Kedatangan
merupakan saat yang sangat tepat untuk membentuk image hotel untuk yang pertama
kali.
Arrival
Book
Buku untuk mencatat semua tamu yang datang menginap di
hotel. Buku ini di isi oleh resepsionis berdasarkan tanggal kedatangan setiap
harinya. Informasi yang ada pada buku ini antara lain nama tamu yang akan
datang, jumlah tamu, dan harga kamar.
Arrival
Date
Tanggal tamu tiba dihotel. Sistem pencatatan tanggal
bervariasi. Untuk standar komputer adalah dua digit untuk tanggal bila
tanggalnya satuan maka didepannya akan ditanbah angkat nol di depanya, dua
digit untuk bulan, dan sedangkan untuk tahun dua digit angka belakang, misal ;
maka penulisannya adalah 050412 atau 05/04/12.
Arrival
Slip
Slip atau secarik kertas untuk menendai rak kamar yang di
pesan. Slip tersebut menyebutkan nama tamu, nomor kamar, jumlah tamu, harga
kamar, tanggal tiba, dan tanggal keberangkatan. Tembusan slip akan di kirin ke
telp operator, room service dan house kepping sehingga mereka mengetahui
kehadiran tamu yang besangkutan di hotel.
Arrival
& Departure Sheet
Formulir yang digunakan resepsionis untuk mendatat
kedatangan dan keberangkatan tamu serta perubahan status tamu, formulir ini
merupakan gabungan dari daftar tamu yang diharapkan tiba dan daftra tamu yang
akan berangkat.
B
Baggage
Barang – barang yang dibawa oleh tamu ketika datang dan
menginap di hotel, misalnya; brief case, suite case, handbag, beauty case dan
lain sebagainya. Disebut juga Guest luggage.
Baggage
Claim Check
Kartu yang dikeluarkan oleh seksi pelayanan barang untuk
tamu yang menitipkan barangnya di luggage room. Kartu ini berfungsi sebagai
bukti pengambilan barang dari tempat penyimpanan barang. Baggage claim check
ini lazinnya dua lembar. Yang pertama yang akan digantungkan di barang yang
akan dititipkan dan lembar kedua yang akan diberikan kepada tamu yang
menititpkan barang sebagai bukti penitipan barang waktu mengambil barangnya.
Beach
Bag
Tas yang digunakan oleh wisatawan untuk membawa
barang-barang keperluan kamar mandi di pantai. Seperti handuk, baju renang, dan
sebagainya.
Bellboy/man
Petugas pembawa barang yang tugas utamanya adalah
membawakan barang bawaan tamu, baik pada waktu tiba, berangkat, maupun saat
pindahan kamar. Nama atau sebutan lainya untuk bellbaoy di antarannya bellhop,
porter, bellperson, service clerk. Tugas lainya seorang bellboy adalah
mengantarkan koran ke kamar-kamar tamu baik atas pesanan atau rutinitas hotel,
mengantarkan surat-surat untuk tamu yang menginap di hotel, mengantarkan surat-surat
untuk manajemen, menerima suruhan dari departemen lain yang relevan, misal
recepsion dan telephone operator.
Bellboy
Trolley
Adalah
kereta dorong yang digunakan oleh bellboy
untuk pengangkutan barang bawaan tamu saat pengantaran barang.
Bellboy
Control Sheet
Formulir yang digunakan oleh bell captain untuk mencatat
semua Bellboy Errand Card yang telah digunakan untuk bellboy selama menangani
barang bawaan tamu. Dari ringkasan tersebut dapat diketahui jumlah dan
jenis-jenis barang yang sering dibawa oleh tamu sehingga bell captain
menganalisis kebutuhan bellboy, mengatur jadwal dan kebutuhan alat.
Bellboy
Errand Card
Kartu yang digunakan oleh bellboy untuk mencatat barang
bawaan tamu yang ditanganinya. Kartu tersebut berisi informasi tentang jenis
atau nama barang yang dibawa oleh tamu, jumlah barang, nama bellboy, kegiatan
yang ditanggani, dan tanda tanggan bellboy.
Bell
Captain
Pengawas pelayanan seksi barang yang bertanggungjawab
langsung kepada concierge dan bertugas mengawasi serta mengkoordinasikan
kegiatan bawahannya, seperti bellboy, doorman, dan page boy. Bell Captain juga
disebut hallporter.
Bell
Captain Counter
Konter atau tempat bellcaptain bekerja. Konter ini
biasanya terletak ditempat yang mudah dilihat oleh tamu yang berada di dekat
counter resepsionis sehingga tamu dapat dengan mudah menerima bantuan mereka
setiap saat.
Bellstand
Supplies
Barang/alat bahan yang digunakan oleh seksi pelayanan
barang untuk mendukung proses kerja, misalkan kerta untuk pengepakan, lem,
stiker, brosure , peta dan sebagainya.
Brief
Case
Koper untuk membawa surat-surat, dokumen dan uang. Koper
ini biasanya dibawa oleh para pengusaha, berbentuk elegan dan ringan.
C
Camera Case
Tas
yang berukuran sedang atau kecil untuk membawa kamera atau handycamp,
perlengkapan foto, seperti; camera body,lensa, flashes dan lain sebagainya.
Check-in
Suatu proses yang harus dilalui
ketika tamu ingin menginap di hotel
Check-out
Proses yang harus dilalui ketika
tamu mau meninggalkan hotel
Check-out time
Batas waktu terahkir menginap di
hotel. Batas tersebut biasanya antara 11.00 s/d 13.00
Concierge
Sebuah jabatan disuatu hotel yang
bertanggung jawab atas penanganan kebutuhan – kebutuhan tamu misalnya;
informasi mengenai hiburan, penanganan transportasi hotel, tour, pelayanan
gereja, penitipan anak dan lain – lain.
Courier
Petugas hotel yang mengantarkan
surat dari hotel ke kantor pos dan mengambil surat ke kantor pos untuk tamu,
karyawan maupun manajemen hotel
Collect call
Pelayanan sambungan telephone yang
biaya percakapannya tidak dibayar oleh penelephone melainkan ditanggung oleh
penerima telepon.
Conference call
Tiga orang atau lebih yang
mengadakan sambungan komunikasi melalui telephone secara bersamaan.
D
Daily
call sheet
Formulir untuk mencatat tamu-tamu yang minta dibagunkan
pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan permintaan setiap harinya (dilihat
wake-up call sheet).
Departure
Keberangkatan tamu dari hotel. Ada beberapa petugas dari
hotel yang terlibat dalam proses keberangkatan tamu, seperti resepsionis, kasir
kantor depan hotel, bellboy, doorman, guest relation office serta parking
attendant.
Departure
Date
Tanggal keberangkatan. Pada pencatatan sistem dengan komputer,
tanggal, bulan dan tahun ditulis dua
digit. Misalkan tamu meninggalkan hotel
pada tanggal tiga. Bulan mei, tahun 2012, maka penulisannya adalah 03/05/2012
Doorman
Petugas di seksi pelayanan barang bawaan yang pekerjaan
utamanya membukakan pintu hotel/kendaraan untuk para tamunya.
Dump
Meninggalkan hotel/check out pagi – pagi sekali (early
check out)
E
Errand
control sheet
Formulir yang digunakan oleh bellcaptain untuk mencatat
kegiatan semua bawahannya seperti bellboy, doorman, qourier dll.
Express
check out
Metode yang memungkin tamu untuk melaksanakan check out
secara efektif dan efisien tanpa harus singgah terlalu lama di reception
G
Garment
/ Valet / Suit Bag
Tas
biasanya terbuat dari kulit, kain atau plastik. Tas ini digunakan untuk membawa
baju jas, jaket dan celana. Garmen bag biasanya dapat digantung pada hanger.
Golf
Bag
Tas
yang digunakan untuk membawa perlengkapan olah-raga golf (stick golf)
H
Hat
Box
Kotak
untuk membawa topi, biasanya untuk aneka topi yang digunakan oleh wanita. Tas
ini terbuat dari bahan-bahan ringan seperti plastik, anyaman dan kain serta
bentuknya mengikuti bentuk topinya.
L
Lunggage
Tag
Kartu tanda barang
yang digantungkan pada barang-barang bawaan tamu agar tidak tertukar atau
hilang. Kartu ini biasanya disematkan pada barang sebelum tamu diantar ke
kamar. Demikian juga pada saat tamu check-out,
menitipkan barang, dan pindahan kamar, petugas harus mengantungkan kartu barang
ini pada barang-barang milik tamu agar jangan sampai tertukar dengan barang
milik orang lain.
Light
baggage
Barang
yang dibawa oleh tamu secara kuantitas dan kualitas tidak memungkinkan untuk
bon ke hotel, sehingga sebelum menginap di hotel reception perlu meminta
pembayaran kamar dimuka (pre payment).
Luggage
Barang
yang dibawa oleh tamu hotel. Nama lain luggage adalah baggage.
Luggage
room book
Buku
untuk mencatat baggage claim check yang di serahkan oleh tamu kepada seksi
pelayanan barang
Luggage
cart
Kereta
barang yang digunakan oleh bellboy untuk membawa barang bawaan tamu.
P
Painting
Painting adalah lukisan, baik yang sudah dibingkai
maupun yang masih digulung/dilipat
Porter
Petugas penanganan barang bawaan atau intilah lain dari
bellman/bellboy
T
Traveling
Bag
Barang
bawaan berupa tas jinjing dengan tali yang panjang digunakan oleh pendaki
gunung atau anak sekolah. Cara membawanya adalah dengan mengantungkannya di
pundak (shoulder)
Trunk
Kopor yang berukuran
besar untuk membawa pakaian pada saat melakukan perjalanan. Koper pakaian ini
terdiri dari dua jenis, yaitu ;
a. Hard Suitecase, terbuat dari metal
atau plastik
b.
Soft Suitecase, terbuat dari kulit, kain dan kain kanvas
Today’s arrival list
Daftar/form yang digunakan untuk
mencatat nama tamu yang datang hari ini.
Trolley
Kereta dorong yang digunakan oleh
porter untuk mengantar barang bawaan tamu.
S
Shoulder
Pack / Haversack
Tas
berbentuk koper lipat digunakan untuk membawa pakaian tamu atau membawa
makanan. Tas ini dikenal tas tentara atau prajurit
Suite
Case
Kopor
pakaian yang terbuat dari metal, kain atau plastik dengan roda pegangan yang
bisa ditarik dan biasanya untuk pakaian saat melakukan perjalanan.
V
Val
Pack / Val Case
Sejenis
tas pakaian yang terbuat dari kulit berlapis dan dapat dilipat serta dapat digantungkan
Vanity
/ Beauty Case / Cosmetic Case
Tas
/ kotak yang digunakan untuk menyimpan peralatan cosmetic. Tas ini biasanya
digunakan wanita selama perjalanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar