Jumat, 29 Juni 2012

Glosarium Porter Service


Glosarium
A
Accomodation
            Tempat yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, baik yang dikelola secara profesional maupun non profesional. Jenis akomodasi ini sangat banyak beragam dan jumlahnya. Pengkalsifikasiannya dibedakan menurut letak, jenis tamu yang menginap, lama tinggal lama buka, ukuran dan jumlah kamar, fasilitas yang tersedia, komponen harga kamar yang ditawarkan, harga kamar, bentuk bangunan dan lain sebagainya.
Amendment Reservation
            Berasal dari kata to amend yang berarti mengubah. Jadi amendment reservation adalah perubahan pemesanan kamar yang dilakukan oleh pemesan. Perubahan tersebut mencakup salah satu data, misalnya, perubahan mengenai tanggal kedatangan, tanggal keberangkatan, jenis kamar, lama tinggal dan lain sebagainya.
Arrival
            Kedatangan tamu, yaitu; tanggal  tiba tamu untuk menginap di hotel. Kedatangan merupakan saat yang sangat tepat untuk membentuk image hotel untuk yang pertama kali.
Arrival Book
            Buku untuk mencatat semua tamu yang datang menginap di hotel. Buku ini di isi oleh resepsionis berdasarkan tanggal kedatangan setiap harinya. Informasi yang ada pada buku ini antara lain nama tamu yang akan datang, jumlah tamu, dan harga kamar.
Arrival Date
            Tanggal tamu tiba dihotel. Sistem pencatatan tanggal bervariasi. Untuk standar komputer adalah dua digit untuk tanggal bila tanggalnya satuan maka didepannya akan ditanbah angkat nol di depanya, dua digit untuk bulan, dan sedangkan untuk tahun dua digit angka belakang, misal ; maka penulisannya adalah 050412 atau 05/04/12.
Arrival Slip
            Slip atau secarik kertas untuk menendai rak kamar yang di pesan. Slip tersebut menyebutkan nama tamu, nomor kamar, jumlah tamu, harga kamar, tanggal tiba, dan tanggal keberangkatan. Tembusan slip akan di kirin ke telp operator, room service dan house kepping sehingga mereka mengetahui kehadiran tamu yang besangkutan di hotel.
Arrival & Departure Sheet
            Formulir yang digunakan resepsionis untuk mendatat kedatangan dan keberangkatan tamu serta perubahan status tamu, formulir ini merupakan gabungan dari daftar tamu yang diharapkan tiba dan daftra tamu yang akan berangkat.

B
Baggage
            Barang – barang yang dibawa oleh tamu ketika datang dan menginap di hotel, misalnya; brief case, suite case, handbag, beauty case dan lain sebagainya. Disebut juga Guest luggage.
Baggage Claim Check
            Kartu yang dikeluarkan oleh seksi pelayanan barang untuk tamu yang menitipkan barangnya di luggage room. Kartu ini berfungsi sebagai bukti pengambilan barang dari tempat penyimpanan barang. Baggage claim check ini lazinnya dua lembar. Yang pertama yang akan digantungkan di barang yang akan dititipkan dan lembar kedua yang akan diberikan kepada tamu yang menititpkan barang sebagai bukti penitipan barang waktu mengambil barangnya.
Beach Bag
            Tas yang digunakan oleh wisatawan untuk membawa barang-barang keperluan kamar mandi di pantai. Seperti handuk, baju renang, dan sebagainya.
Bellboy/man
            Petugas pembawa barang yang tugas utamanya adalah membawakan barang bawaan tamu, baik pada waktu tiba, berangkat, maupun saat pindahan kamar. Nama atau sebutan lainya untuk bellbaoy di antarannya bellhop, porter, bellperson, service clerk. Tugas lainya seorang bellboy adalah mengantarkan koran ke kamar-kamar tamu baik atas pesanan atau rutinitas hotel, mengantarkan surat-surat untuk tamu yang menginap di hotel, mengantarkan surat-surat untuk manajemen, menerima suruhan dari departemen lain yang relevan, misal recepsion dan telephone operator.
Bellboy Trolley
          Adalah kereta dorong yang digunakan oleh bellboy untuk pengangkutan barang bawaan tamu saat pengantaran barang.
Bellboy Control Sheet
            Formulir yang digunakan oleh bell captain untuk mencatat semua Bellboy Errand Card yang telah digunakan untuk bellboy selama menangani barang bawaan tamu. Dari ringkasan tersebut dapat diketahui jumlah dan jenis-jenis barang yang sering dibawa oleh tamu sehingga bell captain menganalisis kebutuhan bellboy, mengatur jadwal dan kebutuhan alat.


Bellboy Errand Card
            Kartu yang digunakan oleh bellboy untuk mencatat barang bawaan tamu yang ditanganinya. Kartu tersebut berisi informasi tentang jenis atau nama barang yang dibawa oleh tamu, jumlah barang, nama bellboy, kegiatan yang ditanggani, dan tanda tanggan bellboy.
Bell Captain
            Pengawas pelayanan seksi barang yang bertanggungjawab langsung kepada concierge dan bertugas mengawasi serta mengkoordinasikan kegiatan bawahannya, seperti bellboy, doorman, dan page boy. Bell Captain juga disebut hallporter.
Bell Captain Counter
            Konter atau tempat bellcaptain bekerja. Konter ini biasanya terletak ditempat yang mudah dilihat oleh tamu yang berada di dekat counter resepsionis sehingga tamu dapat dengan mudah menerima bantuan mereka setiap saat.
Bellstand Supplies
            Barang/alat bahan yang digunakan oleh seksi pelayanan barang untuk mendukung proses kerja, misalkan kerta untuk pengepakan, lem, stiker, brosure , peta dan sebagainya.
Brief Case
            Koper untuk membawa surat-surat, dokumen dan uang. Koper ini biasanya dibawa oleh para pengusaha, berbentuk elegan dan ringan.

C
Camera Case
Tas yang berukuran sedang atau kecil untuk membawa kamera atau handycamp, perlengkapan foto, seperti; camera body,lensa, flashes dan lain sebagainya.
Check-in
            Suatu proses yang harus dilalui ketika tamu ingin menginap di hotel
Check-out
            Proses yang harus dilalui ketika tamu mau meninggalkan hotel
Check-out time
            Batas waktu terahkir menginap di hotel. Batas tersebut biasanya antara 11.00 s/d 13.00
Concierge
            Sebuah jabatan disuatu hotel yang bertanggung jawab atas penanganan kebutuhan – kebutuhan tamu misalnya; informasi mengenai hiburan, penanganan transportasi hotel, tour, pelayanan gereja, penitipan anak dan lain – lain.
Courier
            Petugas hotel yang mengantarkan surat dari hotel ke kantor pos dan mengambil surat ke kantor pos untuk tamu, karyawan maupun manajemen hotel
Collect call
            Pelayanan sambungan telephone yang biaya percakapannya tidak dibayar oleh penelephone melainkan ditanggung oleh penerima telepon.
Conference call
            Tiga orang atau lebih yang mengadakan sambungan komunikasi melalui telephone secara bersamaan.

D
Daily call sheet
            Formulir untuk mencatat tamu-tamu yang minta dibagunkan pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan permintaan setiap harinya (dilihat wake-up call sheet).
Departure
            Keberangkatan tamu dari hotel. Ada beberapa petugas dari hotel yang terlibat dalam proses keberangkatan tamu, seperti resepsionis, kasir kantor depan hotel, bellboy, doorman, guest relation office serta parking attendant.
Departure Date
            Tanggal keberangkatan. Pada pencatatan sistem dengan komputer, tanggal, bulan  dan tahun ditulis dua digit. Misalkan tamu  meninggalkan hotel pada tanggal tiga. Bulan mei, tahun 2012, maka penulisannya adalah 03/05/2012
Doorman
            Petugas di seksi pelayanan barang bawaan yang pekerjaan utamanya membukakan pintu hotel/kendaraan untuk para tamunya.
Dump
            Meninggalkan hotel/check out pagi – pagi sekali (early check out)


E
Errand control sheet
         Formulir yang digunakan oleh bellcaptain untuk mencatat kegiatan semua bawahannya seperti bellboy, doorman, qourier dll.
Express check out
         Metode yang memungkin tamu untuk melaksanakan check out secara efektif dan efisien tanpa harus singgah terlalu lama di reception
G  
Garment / Valet / Suit Bag
Tas biasanya terbuat dari kulit, kain atau plastik. Tas ini digunakan untuk membawa baju jas, jaket dan celana. Garmen bag biasanya dapat digantung pada hanger.
Golf Bag
Tas yang digunakan untuk membawa perlengkapan olah-raga golf (stick golf)
H
Hat Box
Kotak untuk membawa topi, biasanya untuk aneka topi yang digunakan oleh wanita. Tas ini terbuat dari bahan-bahan ringan seperti plastik, anyaman dan kain serta bentuknya mengikuti bentuk topinya.
L
Lunggage Tag
           Kartu tanda barang yang digantungkan pada barang-barang bawaan tamu agar tidak tertukar atau hilang. Kartu ini biasanya disematkan pada barang sebelum tamu diantar ke kamar. Demikian juga pada saat tamu check-out, menitipkan barang, dan pindahan kamar, petugas harus mengantungkan kartu barang ini pada barang-barang milik tamu agar jangan sampai tertukar dengan barang milik orang lain.
Light baggage
            Barang yang dibawa oleh tamu secara kuantitas dan kualitas tidak memungkinkan untuk bon ke hotel, sehingga sebelum menginap di hotel reception perlu meminta pembayaran kamar dimuka (pre payment).
Luggage
            Barang yang dibawa oleh tamu hotel. Nama lain luggage adalah baggage.
Luggage room book
            Buku untuk mencatat baggage claim check yang di serahkan oleh tamu kepada seksi pelayanan barang
Luggage cart
            Kereta barang yang digunakan oleh bellboy untuk membawa barang bawaan tamu.


P
Painting
Painting adalah lukisan, baik yang sudah dibingkai maupun yang masih digulung/dilipat
Porter
         Petugas penanganan barang bawaan atau intilah lain dari bellman/bellboy

T
Traveling Bag
Barang bawaan berupa tas jinjing dengan tali yang panjang digunakan oleh pendaki gunung atau anak sekolah. Cara membawanya adalah dengan mengantungkannya di pundak (shoulder)
Trunk
Kopor yang berukuran besar untuk membawa pakaian pada saat melakukan perjalanan. Koper pakaian ini terdiri dari dua jenis, yaitu ;
a. Hard Suitecase, terbuat dari metal atau plastik
b. Soft Suitecase, terbuat dari kulit, kain dan kain kanvas

Today’s arrival list
            Daftar/form yang digunakan untuk mencatat nama tamu yang datang hari ini.
Trolley
            Kereta dorong yang digunakan oleh porter untuk mengantar barang bawaan tamu.


S
Shoulder Pack / Haversack
Tas berbentuk koper lipat digunakan untuk membawa pakaian tamu atau membawa makanan. Tas ini dikenal tas tentara atau prajurit
Suite Case
Kopor pakaian yang terbuat dari metal, kain atau plastik dengan roda pegangan yang bisa ditarik dan biasanya untuk pakaian saat melakukan perjalanan.
V
Val Pack / Val Case
Sejenis tas pakaian yang terbuat dari kulit berlapis dan dapat dilipat serta dapat digantungkan
Vanity / Beauty Case / Cosmetic Case
Tas / kotak yang digunakan untuk menyimpan peralatan cosmetic. Tas ini biasanya digunakan wanita selama perjalanan


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar