Jumat, 29 Juni 2012

Session VI (Porter Service)


Session VI
Prosedur Penanganan Penitipan Barang
1. Penitipan Sementara
·      Periksa kondisi dan hitung jumlah barang tamu.
·      Beri label pada barang dan simpan di atas trolley/belldesk area sampai tamu mengambinya.
·      Berikan Baggage Claim Check kepada tamu yang mengidentifikasi jenis dan jumlah setiap barang.
·      Jika tamu menginginkan barangnya diambil, mintalah Baggage Calim Check dari tamu.
·      Cocokkan nomor serinya dengan yang tertera pada barang, bila sesuai serahkan kepada tamu.

2. Penitipan Untuk jangka waktu Lama
·      Hitung barang dan periksa kondisinya.
·      Informasikan ke tamu bila ada kerusakan sebelum diterima untuk menghindari claim pada saat pengambilan.
·      Informasikan batas waktu maksimal penitipan barang pada tamu.
·      Beri label pada semua barang.
·      Serahkan Baggage Claim Check pada tamu.
·      Catat penerimaan dan penitipan barang pada Luggage Room Book.
·      Simpan barang pada Luggage Room sesuai dengan tanggal penitipan.
·      Saat tamu datang akan mengambil barang, mintalah Baggage Calaim Check.
·      Cocokkan nomor seri baggage claim check dengan yang tertera pada Luggage room book.
·      Keluarkan barang dan serahkan pada tamu.
·      Mintalah tamu menandatangani Luggage room book sebagai bukti barang telah dikembalikan.

Sistem Keamanan dan Keselamatan di Hotel
Keamanan
-        Mengawasi semua barang-barang milik tamu
-        Catat semua tindakan yang berkaitan dengan pengawasan atas barang-barang milik tamu.
-        Awasi semua gerakan orang-orang yang bukan tamu hotel
Keselamatan
-        Pastikan bahwa para tamu tidak dalam resiko kecelakaan.
-        Laporkan situasi-situasi yang mungkin berbahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan pada para tamu atau staf hotel.
-        Gunakan prosedur-prosedur yang aman dalam menangani barang-barang yang berat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar