Session
VII
Prosedure
Menanggapi Permintaan Atas Layanan Bell Desk
Standar
·
dengarkan
apa yang diminta (dibutuhkan) oleh tamu
·
segera
memberikan jawaban
·
berikan
pelayanan yang efisien dan cepat
·
jika
perlu, sarankan pelayanan alternatif
·
konfirmasi
kembali semua permintaan tamu
·
lakukan
tindakan segera dan secara akurat
·
jika
perlu, atur dengan departemen ini
·
catat
pelayanan-pelayanan yang perlu ditindaklanjuti.
Keamanan
·
mengawasi
semua barang-barang milik tamu
·
catat
semua tindakan yang berkaitan dengan pengawasan atas barang-barang milik para
tamu
·
awasi
semua gerakan orang-orang yang bukan tamu hotel
Keselamatan
·
pastikan
bahwa para tamu tidak dalam risiko kecelakaan
·
laporkan
situasi-situasi yang mungkin berbahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan pada
para tamu atau staff
·
gunakan
prosedur-prosedur yang aman dalam menyangkut barang-barang yang berat.
Jenis – jenis Layanan Bell Desk
1.
Wake-up Call yaitu; membangunkan tamu
pada waktu pagi hari atau jam-jam tertentu atas permintaan tamu dikarenakan
alasan bisnis atau alasan-alasan lain.
2.
Paging board adalah papan yang digunakan untuk mendapatkan tamu di sekitar
lobby atau di restoran, apabila ada tamu yang mencarinya atau ada sambungan
telepon untuknya, perlengkapan pendukung paging board yaitu bel yang
berfungsi untuk menarik perhatian tamu.
3.
Mailing service adalah jenis pelayanan tentang surat
menyurat yaitu; menulis/mengetik surat, mengatatkan / menerima surat dan
pengantaran koran harian tertentu, majalah-majalah tertentu.
4.
Fax merupakan salah satu
alat komunikasi yang penting digunakan di hotel, karena pada masa sekarang ini
media/alat bisnis yang paling sering digunakan dan relatif murah adalah dengan
meggunakan mesin fax. Fax ini akan menerima salinan surat yang dikirim oleh si
pengirim persis sama dengan surat yang dibuatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar