Jumat, 29 Juni 2012

Sesion VII (Porter Service)


Session VII
Prosedure Menanggapi Permintaan Atas Layanan Bell Desk
Standar
·           dengarkan apa yang diminta (dibutuhkan) oleh tamu
·           segera memberikan jawaban
·           berikan pelayanan yang efisien dan cepat
·           jika perlu, sarankan pelayanan alternatif
·           konfirmasi kembali semua permintaan tamu
·           lakukan tindakan segera dan secara akurat
·           jika perlu, atur dengan departemen ini
·           catat pelayanan-pelayanan yang perlu ditindaklanjuti.

Keamanan
·           mengawasi semua barang-barang milik tamu
·           catat semua tindakan yang berkaitan dengan pengawasan atas barang-barang milik para tamu
·           awasi semua gerakan orang-orang yang bukan tamu hotel

Keselamatan
·           pastikan bahwa para tamu tidak dalam risiko kecelakaan
·           laporkan situasi-situasi yang mungkin berbahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan pada para tamu atau staff
·           gunakan prosedur-prosedur yang aman dalam menyangkut barang-barang yang berat.

Jenis – jenis Layanan Bell Desk
1.      Wake-up Call yaitu; membangunkan tamu pada waktu pagi hari atau jam-jam tertentu atas permintaan tamu dikarenakan alasan bisnis atau alasan-alasan lain.
2.      Paging board adalah papan yang digunakan untuk mendapatkan tamu di sekitar lobby atau di restoran, apabila ada tamu yang mencarinya atau ada sambungan telepon untuknya, perlengkapan pendukung paging board yaitu bel yang berfungsi untuk menarik perhatian tamu.
3.      Mailing service adalah jenis pelayanan tentang surat menyurat yaitu; menulis/mengetik surat, mengatatkan / menerima surat dan pengantaran koran harian tertentu, majalah-majalah tertentu.
4.      Fax merupakan salah satu alat komunikasi yang penting digunakan di hotel, karena pada masa sekarang ini media/alat bisnis yang paling sering digunakan dan relatif murah adalah dengan meggunakan mesin fax. Fax ini akan menerima salinan surat yang dikirim oleh si pengirim persis sama dengan surat yang dibuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar